" WILUJENG SUMPING DULUR "

MAAF BLOG INI TIDAK MENYEDIAKAN LAYANAN COPY PASTE,....!!!! JIKA ANDA MEMBUTUHKAN ARTIKEL SILAHKAN ANDA DOWNLOAD FILE PDF,................

Sunday, January 13, 2013

Blok facebook pada jam tertentu dengan MikroTik

      Penggunaan facebook jika tidak dengan porsi dan waktu yang tepat justru akan mengganggu kinerja karyawan di perkantoran, begitu juga pada jam-jam sekolah bagi sekolah yang menyediakan akses internet di sekolahnya,  Karena saat ini jejaring sosial sangat digemari baik tua maupun muda, bahkan masih anak-anak.(b e t u l,............)
Langsung  nih,....
Langkah-langkah untuk memblokir facebook pada jam tertentu ;
1.      Pastikan jam di sistem MikroTik sudah cocok
[admin@router-inspira] / system clock

2.      membuat filter rule
[admin@router-inspira] / ip firewall filter add chain=forward action=drop protocol=tcp src-address=0.0.0.0/0 content=facebook comment=”blokir facebook”


Dengan begitu, semua akses internet yang berhubungan dengan kata “facebook” tidak dapat di akses, karena kita sedang menggunakan content.  Jadi jika kita searching dengan keyword “facebook” di search engine juga tidak bisa.

3.      Buat Script
Kita buat script untuk memperbolehkan klien mengakses facebook lagi.

[admin@router-inspira] / system script add name=allow-fb policy=reboot,read,write,policy,test,winbox,password,sniff source={/ip firewall filter set [/ip firewall filter find content=”facebook”] disabled=yes}


Atau melalui winbox ; system à script


Kemudian buat script untuk blokir lagi ; 

[admin@router-inspira] / system script add name=deny-fb policy=reboot,read,write,policy,test,winbox,password,sniff source={/ip firewall filter set [/ip firewall filter find content=”facebook”] disabled=no}


Lewat winbox ; system à script


4.      Langkah selanjutnya adalah membuat scheduler.  Pada langkah ini kita dapat menentukan waktu saat klien diperbolehkan akses facebook dan saat tidak diperbolehkan akses facebook.
Misalnya saya akan memblokir akses ke facebook mulai  jam 07.30 pagi sampai  jam 12.00 siang.  Kemudian jam 12.00 siang sampai jam 13.00 klien bisa mengakses facebook.  Kemudian dari jam 13.00 sampai jam 16.30 klien tidak bisa mengakses facebook lagi.  Yang terakhir, jam 16.30 sampai jam 07.30 hari berikutnya, klien bisa mengakses facebook.

Scheduler pukul 07.30


Scheduler pukul 12.00


Scheduler pukul 13.00


Scheduler pukul 16.30


5.      Dan selesai sudah.

0 comments:

Post a Comment